Selasa, 27 September 2011

Individu, Keluarga, Masyarakat, Penduduk, dan Kebudayaan

Individu

 Individu merupakan unit terkecil pembentuk masyarakat. Dalam ilmu sosial, individu berarti juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Sebagai contoh, suatu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Ayah merupakan individu dalam kelompok sosial tersebut, yang sudah tidak dapat dibagi lagi ke dalam satuan yang lebih kecil. 

Keluarga

 Keluarga berasal dari bahasa Sansekerta "kulawarga". Kata kula berarti "ras" dan warga yang berarti "anggota".Keluarga adalah lingkungan di mana terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah. Keluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu, memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, tanggung jawab di antara individu tersebut.

Penduduk

Penduduk adalah semua orang yang mendominisil suatu daerah geografi.Menurut Wikipedia, penduduk di bagi menjadi 2, yaitu:
  1. Orang yang tinggal di daerah tersebut.
  2. Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut.Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain.

Piramida Penduduk

Piramida penduduk adalah dua buah diagram batang, pada satu sisi menunjukkan jumlah penduduk laki-laki dan pada sisi lainnya menunjukkan jumlah penduduk perempuan dalam kelompok interval usia penduduk lima tahunan. Bentuk piramida penduduk dibedakan menjadi 3 macam,yaitu :
  1. Bentuk Limas (Expensive), menunjukkan jumlah penduduk usia muda lebih banyak dari pada usia dewasa maupun tua, sehingga pertumbuhan penduduk sangat tinggi, contohnya: Indonesia, Filipina, Mesir, Nigeria, Brazil.
  2. Bentuk Granat (Stationer), menunjukkan jumlah usia muda hampir sama dengan usia dewasa, sehingga pertumbuhan penduduk kecil sekali, contohnya: Amerika Serikat, Belanda, Norwegia, Finlandia.
  3. Bentuk Batu Nisan (Constructive), menunjukkan jumlah penduduk usia tua lebih besar dari pada usia muda, jumlah penduduk mengalami penurunan, contohnya: negara-negara yang baru dilanda perang.

Masyarakat

Masyarakat adalah kumpulan individu-individu yang saling berinteraksi dan berada dalam suatu kelompok. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak.Menurut Syaikh Taqyuddin An-Nabhani, sekelompok manusia dapat dikatakan sebagai sebuah masyarakat apabila memiliki pemikiran, perasaan, serta sistem/aturan yang sama. Dengan kesamaan-kesamaan tersebut, manusia kemudian berinteraksi sesama mereka berdasarkan kemaslahatan.

Kebudayaan

Budaya atau kebudayaan berasaal dari kata sansekerta yaitu, Buddhayah yang berarti budi dan akal manusia. Kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

Kesimpulan : Individu, Keluarga, Masyarakat, Penduduk dan Kebudayaan adalah aspek-aspek sosial yang tidak dapat terpisahkan. Semuanya saling terkait satu sama lain, contoh : Tanpa Individu tidak akan tercipta keluarga, masyarakat, penduduk dan kebudayaan tidak akan ada. Begitu juga dengan keluarga, tidak akan ada suatu masyarakat apabila suatu keluarga tidak saling berinteraksi satu dengan yang lain. Maka untuk membentuk suatu rukun yang harmonis antara satu dengan yang lainnya diperlukanlah suatu interaksi sosial.Apabila timbul pertentangan antar individu atau kelompok, harus diselesaikan secara kekeluargaan agar tidak menjadi konflik berkepanjangan.

"Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih setelah sampai kepada mereka keterangan yang jelas. Dan mereka itulah orang-orang yang mendapat azab yang berat, " (QS Ali Imran : 105)

Penduduk, masyarakat , keluarga dan kebudayaan, sangat melekat kepada kehidupan kita sehari-hari. Bersosialisasi sangat perlu dalam kehidupan sesama umat manusia. Manusia tidak bisa hidup sendiri, karena manusia adalah makhluk sosial dan manusia hidup dari kebudayaan masing-masing.

Sumber : WikiPedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar